Monday, October 6, 2014

Sejarah Pizza

Menurut pengetahuan umum, pizza selama ini dianggap berasal dari Italia, tetapi menurut beberapa sumber lain ternyata dipercaya bahwa pizza berasal dari mesir, bahkan kemungkinan sudah ada sejak jaman firaun.


Asal kata Pizza berasal dari bahasa Italia untuk "pie" (kue). Pizza ini terbuat dari adonan dengan campuran ragi yang dipanggang menjadi bentuk lingkaran seperti roti. Di Italia, orang sudah membuat pizza sejak tahun 1400-an, tapi belum diberi tomat dan keju sampai tahun 1889.

Sekitar abad 18 jenis roti berbentuk lingkaran ini mulai dikenal di Italia dan dijual di jalan-jalan dan pasar dengan nama ‘Pizza’. Pizza pada saat itu tidak mempunyai topping apapun melainkan hanya seperti roti tawar berbentuk bulat. Roti ini sangat mudah dibuat dan biayanya murah, karena itu lebih banyak dijual ke orang-orang miskin di daerah Naples.


Pada tahun 1738 restoran pizza pertama di dunia dibuka di daerah Naples, Italia dengan nama Antica Pizzeria. 

Pizza dengan sentuhan lebih modern dan berkelas awalnya dibuat untuk menghormati Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I sewaktu mengunjungi Naples pada tahun 1889, diciptakan oleh seorang pembuat roti bernama Raffaele Esposito. Sentuhan yang diberikan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan dengan warna seperti bendera negaranya, Itali. Jadi Raffaele menambahkan tomat merah, keju putih, dan paprika hijau. Itulah ceritanya kenapa hingga sekarang pizza secara umum menyerupai bendera negara Itali.



Pizza mengalami perkembangan pesat ketika sampai di Amerika, berawal ketika pada tahun 1800-an pizza dengan topping saus tomat dibawa oleh imigran Italia yang umumnya berasal dari Napoli ke New York, Amerika Serikat.






Makanan jenis ini sangat diterima di Amerika dan diperkirakan saat ini orang amerika kira-kira menyantap pizza seluas 100 acre setiap harinya (52 kali lapangan sepak bola, atau 350 potong setiap detiknya).


Diperkirakan sampai saat ini 94% dari populasi di Amerika Serikat mengkonsumsi pizza dan sekitar 93% orang Amerika makan setidaknya satu pizza setiap bulannya.


Penjualan pizza di Amerika setiap tahunnya melampaui tiga miliar pizza, belum lagi ditambah satu miliar pizza beku.



Restoran Pizza mewakili 17 persen dari seluruh restoran pizza di US. (menjadi semacam restoran padang atau warteg kalau di indonesia).


Di tahun 1990, sebuah rekor monumental Guinness World Records telah dipecahkan di Johannesburg, Afrika Selatan dengan menciptakan sebuah pizza berdiameter 37,4 meter (sekitar 4 kali ukuran lingkaran tengah lapangan sepak bola). Pizza ini dibuat dengan menggunakan bahan baku 4 ton tepung, hampir 2 ton keju dan 900 kg pasta tomat, 2900 liter air dan bahan baku lainnya hingga 3 ton lebih.


Rekor untuk pengiriman terjauh dalam sejarah dipegang oleh Ucy Clough dari toko pizza Domino's. Dia mengantarkan pizza vegetarian supreme Domino dengan jarak 16.950 km dari Feltham, London ke 30 Ramsay Street, Melbourne, Australia, pada tanggal 19 November 2004. Butuh 2 hari pizzanya tiba ditujuan.


Restoran pizza pertama di Indonesia adalah restoran Pizza Hut yang merupakan restoran waralaba makanan internasional yang berasal dari amerika.


Rekor untuk pembuatan pizza terbesar di Indonesia menurut catatan MURI dipegang oleh Maulana Malik Abdul Karim & Giant Sun City, Sidoarjo, dibuat pada bulan April 2007 di Sidoarjo dengan membuat pizza Pizza berukuran luas 118,8 meter persegi, tebal 2 cm dan diameter 12,3 meter.




Fakta tentang Pompom Pizza lahir dari sebuah keinginan kami untuk menyediakan menu pizza yang berkualitas tetapi juga terjangkau oleh semua kalangan, harga yang kami tawarkan mulai dari Rp.15.000,- (porsi 1 – 2 orang) sudah mendapatkan menu pizza dengan topping daging sapi. Selain harga yang terjangkau Pompom pizza juga memiliki keunikan tersendiri, di pompom pizza inilah lahir sebuah produk yang “cukup berani” dengan menciptakan produk bertemakan “when east meet west” “pizza sambal terasi” dan “pizza lombok ijo”. Selain menu utama pizza, kami juga menyediakan menu lain seperti Spaghetti, Chicken Stick With Mayonaise, French Fries, steak, juga menau ekskul (ekstra kuliner) sepert ayam panggang madu etc. dengan harga yang sangat murah.  


(diolah dari berbagai sumber)


2 comments: